Selasa, 17 Oktober 2017

Warung “Mak Pik” Aneka Masakan Dari Bekicot.

Obyek Wisata Ubalan kata lainnya Kalasan tepatnya di Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten, terkenal juga dengan sate 02 atau sate bekicot, jarak tempuh dari pusat Pemerintahan Kabupaten Kediri sekitar 11 Km, tempat ini berada di tengah-tengah kediaman penduduk dengan nuansa alam dan hutan yang masih asri, sejuk karena banyak sekali pepohonan hijau melindungi kawasan ini jadi teduh dan adem.

UBALAN 3

Kenapa Wisata Ubalan selalu identic dengan Sate 02, padahal aslinya sate 02 atau pengolahan bekicot sendiri berasal dari tetangga sebelah Desa Jarak yaitu tepatnya di Desa jengkol, menurut Kepala Desa Jarak Moh. Toha bahwa di Ubalan ini warga hanya menjual saja, tetapi untuk semua pembuatannya dari Desa Jengkol.

Karena di Desa Jarak ada obyek wisata Ubalan, untuk hari libur Sabtu dan Minggu juga hari libur besar lainnya seperti Hari Raya, Tahun Baru atau liburan sekolah tempat ini selalu ramai dikunjungi, baik untuk outbon maupun sekedar refresing dengan anggota keluarga, karena nuansa disini sangat alami.

UBALAN 1

Rencana kedepannya untuk daerah sumber air yang ada di Ubalan ini kami rencana akan merenovasi dan menjadikan hutan kota, juga sebagai hutan lindung percontohan di Kabupaten Kediri, supaya pohon-pohon hutan lindung tidak ditebangi masyarakat kita akan membuatkan pagar pembatas antara hutan kota dengan sawah milik warga. Kata Moh.Toha

Salah satu warung yang ada di Ubalan yang menyediakan Sate Bekicot yaitu Ibu Supik seorang janda dengan usia 67 tahun, masih semangat untuk menjual olahan Bekicot, mulai dari kripik bekicot, krengsengan dan sate bekicot siap santap, lokasinya berada di balik pintu masuk arah ke kanan ada tulisan warung “Mak Pik”.

UBALAN 2

Mak Pik mengatakan kepada Tim Peliputan Kominfo (9/9) bahwa saya hanya menjualkan saja, saya asli warga Desa Jarak dan untuk semua yang saya jual di sini milik Mbak Dir Rahayu aslinya Desa jengkol Kecamatan Plosoklaten, selain hari libur saya berjualan kalau ada kegiatan besar atau untuk hajatan di wisata Ubalan ini, walaupun tidak hari libur saya jualan. Kata Mak Pik.

UBALAN 4

Untuk penghasilan lumayan setiap kali berjualan saya mendapat sekitar Rp. 200.000 – 300.000,- bisa untuk membeli kebutuhan rumah tangga, untuk berjualan di wisata Ubalan ini saya sudah 7 tahun lebih. Walaupun ukuran warung yang sangat kecil, tapi yang membeli lumayan banyak juga dan saya juga banyak punya pelanggan. Semoga kedepannya Wisata Ubalan terus ramai dengan pengunjung. Harap Mak Pik (Kominfo, Yrpd, Wk).

Add comment


Security code
Refresh